Rabu, 03 Desember 2014

Kesempatan Berdiskusi dengan Ibu Siti Nurbaya Bakar

Tanggal 1 Desember 2014 bertempat di Gedung Manggala Wanabakti Lt.4 di Ruang Kerja Ibu Siti Nurbaya Bakar yang diberi mandat oleh Presiden Joko Widodo masuk dalam Kabinet Kerja sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, saya mendapatkan kesempatan untuk mendampingi Bapak Abdon Nababan (Sekjen AMAN) bersama kawan-kawan dari AMAN antara lain; Bapak Mirza Indra, Erasmus Cahyadi, Abdi Akbar, Hariyanto, Fadhel Achmad dan ditemani oleh dua orang dari Komunitas Anggota AMAN, Pak Yosep Danur (Komunitas Colol, Manggarai NTT) dan Pak Albertus Matius (Ketemenggungan Nangasiyai, Melawi-Kalimantan Barat). Dalam kesempatan beraudiensi dengan Ibu Siti Nurbaya ini juga turut hadir sahabat yang juga senior saya adalah Ibu Nur Amalia, politisi dari Partai NasDem.

Selama proses audiensi yang memakan waktu sekitar 50 menit yang dimulai dari pukul 17.25 dan berakhir pada pukul 18.15 WIB, saya berusaha untuk terus mencermati pernyataan yang disampaikan oleh Ibu Menteri dihadapan delegasi Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN). Ada tiga isu-isu penting yang saya tangkap selama audiensi ini berlangsung antara lain; (1). Bahwa Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 35/PUU-X/2012 adalah merupakan agenda yang perlu direspon pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2). Untuk isu-isu mengenai regulasi di daerah menjadi penting untuk dilakukan pengawalan. Ini penting mengngat UU No. 41/1999 menjadi salah satu syarat mutlak yang harus didapatkan oleh Masyarakat Adat untuk mendapatkan hak-hak adat atas hutan adatnya. (3). Sebaiknya Masyarakat Adat melalui AMAN perlu melakukan pertemuan yang lebih luas dan dihadiri oleh aktor-aktor utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendiskusikan dan merancang agenda aksi yang bisa dilakukan dalam mendorong percepatan pengakuan dan perlindungan terhadap hak-hak Masyarakat Adat kedepan.

Diakhir pertemuan ini saya cukup berbahagia paling tidak dengan sambutan yang sangat akrab dari Ibu Siti Nurbaya Bakar, saya mendapat kesempatan untuk selvie bersama sambil bersalaman....

Tidak ada komentar: