Rabu, 17 Desember 2014

Berbagi Cerita dan Pengalaman Pemberdayaan Masyarakat Adat dengan Kemendagri

Hari Rabu, tanggal 17 Desember 2014, saya dan teman-teman dari Urusan Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Adat, Pengurus Besar Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (PB AMAN) masing-masing; Rina Agustine (Manager Gerai Nusantara), Feri Nur Oktaviani (Divisi pengadaan dan  Pengembangan Produk Masyarakat Adat) dan Agung Fajar (Manager Koperasi AMAN Mandiri), diundang untuk berbagi cerita dan pengalaman oleh Bpk. Aferi S. Fudhail, Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat, Kemendagri.

Pertemuan berlangsung di Lt.3, Gedung C, Pemberdayaan Masyarakat Desa,  Pasar Minggu Jakarta. Berlangsung dari jam 10.00 s/d 11.30 WIB. Bpk. Aferi S. Fudhail, didampingi oleh 5 Kasubdit (yaitu Kasubdit Pangan, Kasubdit Kredit dan Simpan Pinjam, Kasubdit Pengadaan dan pemasaran produk masyarakat dan Kasubdit Usaha Keluarga dan Kasubdit Ekonomi Pedesaan dan masyarakat tertinggal).

Pertemuan ini saya dan teman-teman dari AMAN berbagi cerita dengan Bapak Aferi bersama 5 Kasubdit dilingkungan Direktorat Urusan Ekonomi Masyarakat, Kementerian Dalam Negeri seputar urusan pemberdayaan ekonomi Masyarakat Adat. Proses ini saya jalani dengan sangat senang, paling tidak cerita dan proses-proses pemberdayaan ekonomi Masyarakat Adat yang sudah dijalankan oleh AMAN selama ini mendapatkan apresiasi yang positif dari Pemerintah. Setidaknya ada 2 (dua) point yang menjadi peluang untuk dikembangkan menjadi kerjasama program dengan AMAN kedepan bersama Kemendagri melalui upaya pengembangan produk-produk yang bisa menjamin kelestarian budaya Masyarakat Adat dan melalui peningkatan kapasitas masyarakat adat termasuk kegiatan pendampingan yang bentuk kegiatannya bisa dirumuskan kemudian secara bersama oleh AMAN dan Kemendagri. 

Tidak ada komentar: