Minggu, 10 November 2013

Pelantikan Lembaga Adat Karonsi'e Dongi, Luwu Timur

Prosesi Pelantikan Lembaga Adat Karunsi'e Dongi di Sorowako, Luwu Timur diselenggarakan pada tgl 9 Nop. 2013. Ritual Adat diawali dengan penyambutan tamu dari Pengurus AMAN masing-masing MAHIR TAKAKA (Deputi Bidang Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Adat, PB AMAN) yang juga adalah sebagai Calon DPD RI 2014 asal Provinsi Sulawesi Selatan, BATA MANURUN (Ketua AMAN Tana Luwu) dan Abdul Aziiz (Ketua FIRMA Hukum AMAN Tana Luwu). Proses pelantikan ini dilanjutkan dengan Ritual Pelantikan Ibu Irene Mananta sebagai Sombun Karu atau Ketua Lembaga Adat Karonsi'e Dongi yang dipimpin oleh Bapak Sibali (Mohola/Kepala Suku Karonsi'e) yang disaksikan oleh tokoh adat Karunsi'e, undangan dari AMAN, Pemda Setempat dan masyarakat adat tetangga yang diundang.

Kemudian diakhiri dengan sambutan-sambutan dari Ibu Irene Mananta selaku Sombun Karu dilanjutkan sambutan dari Mahir Takaka, Bata Manurun selaku Ketua AMAN Wilayah Tana Luwu.

Mahir Takaka dalam sambutannya menegaskan pentingnya revitalisasi masyarakat adat termasuk lembaga adat dilakukan kedepan sehingga masyarakat adat bisa solid dan kuat untuk memperjuangkan hak-hak adatnya. Termasuk mendorong implementasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) 35/2012 dan pengawalan RUU Pengakuan dan Perlindungan Hak-Hak Masyarakat Adat.

Tidak ada komentar: