Minggu, 19 Mei 2013

Dukungan Sahabat dari Lampung Untuk Mahir Takaka


“Mahir”……!,  Sapa akrabku pada sahabat, yang kini sedang bersiap diri sebagi calon legislative (caleg) DPD RI asal Sulawesi selatan, senyum lebar, tertawa dan candanya adalah kekhas-an dari seorang Mahir Takaka yang juga adalah Putra Seko, yang  kini tengah berjuang membela hak-hak masyarakat adat dan tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

Rasa empati, kecerdasan dan pola fikir yang kritis serta solidaritas yang  tinggi dari seorang Mahir Takaka. Ia begitu mudah dikenali, di usia 42 tahun seorang Mahir Takaka kerap melangkahkan kakinya di daerah-daerah terpencil dan lantang menyuarakan ketertindasan kaum adat dan bersama AMAN dan Perkumpulan Telapak.

Cerita menarik yang pernah  kami  obrolin adalah bagainama inisiatif lokal dalam pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lamasi, hingga mendorong dan menginisiasi lahirnya Peraturan Daerah (PERDA) Pengelolaan dan Pelestarian DAS Lamasi di Kabupaten Luwu, PERDA Penguatan Masyarakat Adat di Luwu Utara dan selain itu juga bagamana beliau membangun inisiatif dalam mengawal kebijakan melalui forum DAS sebagai sebuah wadah semua pihak dalam pengelolaan Das di Lamsi. Di tingkat Nasional Mahir Takaka aktif bersama para aktivis AMAN dan TELAPAK untuk memperjuangkan pengakuan hak-hak masyarakat adat dengan mendorong Rancangan Undang-Undang (RUU) Masyarakat Adat dan Judicial Review terhadap UU No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan di Mahkamah Konstitusi.

Sungguh…. seorang Mahir Tataka,  putra seko yang  memiliki kreatifitas tinggi dan di  Tahun 2014  mendatang, Genderang Pesta demokrasi akan ditabuh,  sementara kampong halaman belum cukup baik, masih banyak perosaalan ekomomi dan ekologi  yang  tak mungkin di dapat di selesaikan oleh mereka yang berada di luar Seko ungkapnya,  “bicara” Soal kemajuan pembangunan, social, budaya, dan ekonomi semua masih mengawang-awang,  “Pulang kampung”,  ya… niatnya untuk kembali kekampung halaman dan memperjuangkan dan mengangkat martabat masyarakat adat menjadi sangat kuat, dengan bekal pengetahuan dan pengalamannya dalam beroganisasi bersama AMAN dan Telapak tak salah bila seorang Mahir Takaka mengukuhkan dirinya sebagai calon DPD RI di tahun 2014 mendatang (sahabat dari Lampung), salam, Muhammad Sidik. 

Tidak ada komentar: